Mengenal Ikan Axolotl, Jenis, Makanan dan Harga Pasarannya

25-07-2023

Axolotl (Ambystoma mexicanum) adalah hewan amfibi yang termasuk dalam satu-satunya genus dari keluarga Ambystomatidae, berasal dari Meksiko.

Jenis Axolotl yang sering dibeli sebagai hewan peliharaan memiliki nama ilmiah Ambystoma Mexicanum dan biasanya berwarna merah muda.

Ikan ini juga dikenal sebagai The Smiling Salamander karena mulutnya yang terlihat seperti tersenyum.

Meskipun Axolotl termasuk dalam kelas amfibi, namun ikan ini lebih suka menghabiskan hidupnya berada di dalam air.

Ikan ini memiliki dua pasang kaki dan insang yang membentuk kipas pada bagian kepalanya, menjadikannya hewan berukuran kecil namun menarik perhatian.

Sayangnya, Axolotl telah tergolong sebagai spesies yang hampir punah karena sering diperdagangkan secara ilegal, yang menyebabkan jumlah ikan ini semakin berkurang di alam.

Untuk kamu yang belum mengenal ikan Axolotl, di bawah ini Ikan Wiki sudah memberikan ulasan lebih dalam mengenai spesies ikan satu ini.

Jenis-jenis ikan Axolotl

Jenis Kkan Axolotl (Foto: goodnewsfromindonesia.id)

Ikan Axolotl memiliki beberapa jenis tertentu yang mungkin belum kamu ketahui. Salah paling populer di antaranya adalah Axolotl merah mudah. Namun tak hanya itu saja, ikan ini masih memiliki jenis lainnya yang menarik, seperti:

1. Ikan Salamander Leucistic (Axolotl Leucistic)

Axolotl leucistic merupakan jenis ikan yang sering ditemukan di pasar ikan. Ikan ini memiliki ciri khusus dengan warna tubuhnya yang dominan putih atau merah muda di bagian tanduknya, dan matanya menonjol dengan warna hitam yang kontras.

2. Ikan Salamander Wild Type (Axolotl Wild Type)

Axolotl wild type memiliki penampilan yang mencolok dengan warna hitam hijau tua yang menawan, dan tubuhnya yang lebih besar. Meskipun terlihat menyeramkan bagi beberapa orang, jenis ikan ini justru memikat hati sejumlah kalangan karena keunikannya yang berbeda dari ikan lainnya.

3. Ikan Salamander Copper (Axolotl Copper)

Axolotl copper menarik perhatian dengan warna cerahnya seperti kuning/orange dan putih, serta corak unik berupa bulatan-bulatan kecil berwarna hitam yang tersebar mulai dari bagian kepala hingga ekor.

4. Ikan Salamander Albino (Axolotl Albino/Putih)

Axolotl albino/putih sudah jelas memiliki ciri khas dengan warna putih yang meliputi seluruh tubuhnya, termasuk bagian mata dan tanduk yang juga berwarna putih susu. Jenis ikan ini langka dan sulit ditemukan di pasar.

5. Ikan Salamander Golden Albino (Axolotl Golden Albino)

Axolotl golden albino memiliki ukuran yang sama dengan jenis ikan lainnya, namun daya tariknya terletak pada warna dominan berwarna emas yang mencolok, dengan bagian perut berwarna putih. Tanduk/insang pada jenis ini memiliki warna merah yang menarik.

6. Ikan Salamander Melanoid (Axolotl Melanoid/Hitam)

Ikan salamander melanoid memiliki keunikannya dengan warna hitam pekat yang meliputi seluruh tubuhnya, termasuk bagian tanduk. Warna yang unik ini membuatnya menjadi daya tarik tersendiri.

7. Ikan Salamander Piebald (Axolotl Piebald)

Axolotl piebald merupakan jenis ikan langka dan mahal. Keunikan dari ikan ini terdapat pada corak hitam yang membentuk bercak-bercak menarik di bagian atas tubuhnya. Bercak hitam ini sebenarnya disebabkan oleh kerusakan pigmen pada kulitnya.

8. Ikan Salamander Blue (Axolotl Blue/Biru)

Ikan salamander blue memiliki keistimewaan dengan warna biru yang menawan pada bagian sirip atasnya, sementara bagian kepala dan tubuhnya lebih didominasi oleh warna putih yang menarik.

9. Ikan Salamander Tiger (Axolotl Tiger)

Axolotl tiger adalah jenis ikan yang langka dengan pola tubuh yang menyerupai macan. Meskipun warnanya tidak terlalu cerah seperti axolotl copper, keunikan ikan ini menjadikannya langka dan memiliki harga yang mahal.

Makanan Ikan Axolotl

Makanan Ikan Axolotl (Foto: istockphotos.com)

Dikarenakan spesies ikan ini termasuk ke dalam kelompok hewan karnivora, beberapa rekomendasi makanan ikan axolotl yang paling umum diberikan adalah:

1.larva serangga

2.cacing

3.siput

4.berudu

5.cumi-cumi

6.ikan kecil di dalam air

7.kiton

8.kerang

Harga Ikan Axolotl

Harga Ikan Axolotl (Foto: istockphotos.com)

Selain membedakan spesiesnya, jenis ikan axolotl juga mempengaruhi harga jual belinya. Selengkapnya, taksiran harga ikan axolotl yang telah dirangkum dari berbagai sumber yaitu:

1. Ikan Salamander Leucistic  (Axolotl Leucistic)

Ikan ini memiliki harga berkisar dari Rp199.000 sampai Rp330.000. karena mudah di temukan di pasar ikan

2. Ikan Salamander Wild Type (Axolotl Wild Type)

Memiliki harga berkisar Rp550.000. karena terlihat menyeramkan

3. Ikan Salamander Copper (Axolotl Copper)

Ikan ini memiliki harga berkisar Rp900.000

4. Ikan Salamander Albino (Axolotl Albino/Putih)

Memiliki harga berkisar Rp175.000 untuk ukuran kecil atau anakan,dan untuk ukuran besarnya berkisar Rp325.000

5.Ikan Salamander Golden Albino (Axolotl Golden Albino)

Memiliki harga berkisar Rp285.000 sampai dengan Rp450.000

6. Ikan Salamander Melanoid (Axolotl Melanoid / Hitam)

Memiliki harga berkisar Rp199.000 sampai dengan Rp300.000

7.Ikan Salamander Piebald (Axolotl Piebald)

Memiliki harga berkisar Rp1.200.000

8. Ikan Salamander Blue (Axolotl Blue/Biru)

Memiliki harga berkisar Rp180.000 untuk ukuran 14-15 cm

9. Ikan Salamander Tiger (Axolotl Tiger)

Memiliki harga berkisar Rp. 500.000 sampai Rp.2.000.000 tergantung corak masing-masing.

Demikianlah pembahasan lebih dalam mengenai ikan axolotl yang jarang diketahui oleh banyak orang. Meski keberadaanya terancam punah, tak bisa dipungkuri bahwa pesona ikan ini tetap menarik perhatian sejumlah orang. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya